Ratusan Pelamar ASN di Cilegon Gugur Seleksi Administrasi. Kabid BKPP : Banyak Pelamar Gunakan Materai 10000 Palsu - MEGATRUST

Home / Pemerintahan

Selasa, 3 Agustus 2021 - 19:30 WIB

Ratusan Pelamar ASN di Cilegon Gugur Seleksi Administrasi. Kabid BKPP : Banyak Pelamar Gunakan Materai 10000 Palsu

Megatrust.co.id, CILEGON – Ratusan pelamar ASN atau Aparatur Sipil Negara di Kota Cilegon gugur seleksi Administrasi. Hal itu dikarenakan, banyak pelamar yang menggunakan materai 10000 palsu.

Tim verifikator BKPP atau Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan menemukan banyak pelamar gunakan materai 1000 ribu. Hal itu diungkapkan, Kabid BKPP : ‘Banyak Pelamar Gunakan Materai 10000 Palsu’

Para pelamar yang gugur tidak hanya karena menggunakan materai 10000 palsu, melainkan juga banyak yang memilih formasi tidak sesuai dengan ijazah yang dimiliki pelamar.

Kedati begitu, para pelamar tidak usah khawatir karena ada masa sangga seleksi Administrasi pada tanggal 4, 5, 6 Agustus. Artinya, pelamar yang gugur bisa mengajukan keberatan kepada tim verifikasi melalui akun masing-masing.

Kepala bidang Pengadaan Pemberhentian, Pembinaan, Kesejahteraan, dan Administrasi Umum BKPP Cilegon, Budhi Mustika mengatakan ada ratusan pelamar CPNS yang gagal melewati seleksi administarasi ini.

“Dari total pelamar CPNS ada 2944 yang memenuhi syarat ada 2032 dan Tidak Memenuhi Syarat 912,” katanya kepada wartawan saat ditemui di ruangannya, Selasa (3/8/2021).

Sementara itu, diungkapkan Budhi untuk pelamar PPPK jumlahnya lebih sedikit lagi. Dari 98 jumlah pelamar hanya 12 pelamar saja yang memenuhi syarat sisanya sebanyak 86 pelamar tidak memenuhi syarat.

“Ada yang ijazah ga sesuai dengan formasi dan IPKnya tidak mencukupi sehingga tidak dapat melanjutkan proses seleksi CPNS tahun ini,” ujar Budhi.

Budhi menjelaskan tahun ini Pemkot Cilegon mensyaratkan minimal IPK 3.0 untuk CPNS dan PPPK. Selain kedua penyebab tersebut, BKPP Cilegon juga mendapati pelamar yang memakai materai 10000 yang tidak asli.

“Jadi materainya cuma gambar doang terus dipindahi filenya ke lamarannya,” tambahnya.

Budhi mengungkapkan pihaknya menemukan kasus ini tidak hanya satu dua saja, tetapi sampai puluhan pelamar.

“Angka pastinya ada di staf saya lagi WFH tapi kalau dihitung mencapai puluhan,” ungkapnya.

Menurutnya saat ini para pelamar sudah bisa melihat pengumuman hasil seleksi administrasi di akunnya masing-masing dari pukul 08.00.

Terkait jumlah PPPK yang lolos hanya sedikit dan kosongnya pelamar tidak akan ada pendaftaran ulang.

“Nanti formasi ini tetap kosong saja tidak akan dibuka lagi pendaftarannya nanti akan masuk ke pengadaan tahun depan,” terangnya. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Momentum Kemerdekaan, Begini Pesan Nurrotul Uyun Usai Mendengarkan Pidato Jokowi

Pemerintahan

Seluruh OPD Diingatkan Kejari Cilegon. Penetapan Tersangka ASN Sebagai Pelajaran

Pemerintahan

Setelah UMP, Ini Besaran UMK Kabupaten-Kota Yang Diusulkan ke Gubernur Banten

Pemerintahan

Helldy Beri Penghargaan Kepada Pensiunan hingga Kenaikan Pangkat PNS

Pemerintahan

Belum Maksimal Dalam Penyampaian Informasi Publik. Ini Pesan DKSIP ke KIM Cilegon

Pemerintahan

Awas Jangan Lalai! 50 Persen Lebih Kebakaran di Kota Cilegon Akibat Kelalaian

Pemerintahan

Sekda Kota Cilegon Minta Kepala OPD Evaluasi Sistem KHAS

Pemerintahan

Kelurahan Lebak Denok Bahas Pra RAB Program Salira DPWKel 2023