Pemerintahan

Jangan Main-Main, Seluruh Kinerja OPD di Pemkot Cilegon Dikontrol Sistem

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian didampingi Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta melauncing E-SAKIP, di aula Setda Cilegon. Nadila/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON, – Jangan main-main, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian serius mengontrol seluruh kinerja Organisasi Perangkat Daerah atau OPD di Pemkot Cilegon dengan sistem.

Sistem yang akan mengontrol seluruh kinerja OPD di Pemkot Cilegon bernama Elektronik Sistem Akuntabilitas Kinerja lnstansi Pemerintah atau E-SAKIP.

Keseriusan tersebut dibuktikan dengan di launcingnya E-SAKIP oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang didampingi Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta dan Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin, di aula Setda Kota Cilegon, pada Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Isu Dugaan Ada Dua Kubu di Dishub Cilegon, Ini Kata Helldy Agustian

Helldy Agustian mengatakan, E-SAKIP sangat penting untuk mewujudkan pemerintah Kota Cilegon yang transparan dalam mempublikasikan data perencanaan dan perkembangan pelaksanaan program dari tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“E-SAKIP sangat penting bagi pemerintahan kami, ini nantinya untuk melihat proses awalnya dan outcomenya seperti apa. Asda III yang mengukur dan mengambil keputusan kedepan,” kata Helldy.

Sementara itu, Asisten Daerah atau Asda III Kota Cilegon Ujang Iing menyampaikan, E-SAKIP ini sebagai aplikasi untuk memuat data perencanaan strategis, progres program, data kepegawaian, serta data lainnya.

Baca Juga: Menteri Pertanian Turun Gunung Pantau Lalu Lintas Hewan di Cilegon. Masyarakat Jangan Panik

“Proses perencanaan dan mengevaluasi kegiatan di lingkungan Pemkot Cilegon. OPD juga tidak repot-repot lagi untuk memantau staffnya karena sudah ada E-SAKIP,” Katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon Heni Anita Susila menyampaikan, adanya E-SAKIP ini sebagai kontrol kinerja untuk dinas-dinas sehingga nanti dapat memudahkan monitoring kepala dinas terhadap kinerja-kinerja yang ada di Dinas masing-masing.

“Dengan adanya aplikasi E-SAKIP ini bisa mengontrol lebih baik lagi sehingga apa yang sudah direncanakan dan ditargetkan sesuai dengan yang implementasikan,” terangnya. (Nad/Amul)

Exit mobile version