Puluhan Jalan Berlubang di Cilegon Mulai Diperbaiki Mantri Jalan - MEGATRUST

Home / Daerah

Rabu, 12 Juni 2024 - 19:13 WIB

Puluhan Jalan Berlubang di Cilegon Mulai Diperbaiki Mantri Jalan

Pemkot Cilegon mulai merealisasikan program mantri jalan dan melakukan perbaikan di beberapa ruas jalan yang berlubang. Amul/Megatrust.co.id

Pemkot Cilegon mulai merealisasikan program mantri jalan dan melakukan perbaikan di beberapa ruas jalan yang berlubang. Amul/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CILEGON – Sedikitnya ada 70 jalan berlubang di Kota Cilegon yang sudah diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cilegon melalui program mantri jalan.

Dimana, terdapat 138 laporan dari warga mengenai jalan berlubang di Kota Cilegon. Saat ini program perbaikan jalan di Kota Cilegon melalui mantri jalan tengah berlangsung.

Seperti halnya di Jalan Lembang Raya, Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil, yang sudah diperbaiki oleh mantri jalan dan langsung disaksikan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian pada Rabu, 12 Juni 2024.

Dimana perbaikan tersebut merupakan respon dari pemerintah terhadap aduan atau keluahan masyarakat mengenai jalan berlubang di Kota Cilegon, sekaligus meresmikan program mantri jalan di Kota Cilegon yang digagas langsung Wali Kota Cilegon.

Baca Juga :  Puluhan Lapak Hewan Kurban di Cilegon Diperiksa, DKPP Temukan Hewan Kurban Berpenyakit

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyatakan, program mantri jalan dibentuk untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Kota Cilegon,

Dimana melalui program tersebut warga bisa menyampaikan laporan kerusakan jalan dan dapat direspons dengan cepat.

“Proses pengerjaan mantri jalan sangat cepat. Dimulai dari penggalian, pembersihan, penambalan, pemberian perekat, dan pengaspalan, Semua ini dilakukan dalam waktu singkat,” kata Helldy kepada awak media.

“Tujuan program mantri jalan ini untuk memastikan tidak ada laporan kerusakan jalan dari masyarakat Cilegon yang dibiarkan lama tanpa perbaikan,” sambung Helldy.

Lebih lanjut, Helldy mengungkapakan bahwa manfaat program mantri jalan sangat besar, sebab biasanya perbaikan jalan memerlukan proses penganggaran yang panjang.

Baca Juga :  Menjelang Libur Idul Adha, Satlantas Polres Cilegon Siapkan Beberapa Skema di Jalur Wisata

Namun dengan program mantri jalan perbaikan infrastruktur bisa dilakukan segera setelah laporan diterima.

“Anggaran sudah kita siapkan sebesar Rp7 miliar. Oleh karenanya saya mengimbau kepada para lurah jika ada laporan jalan rusak dari warga segera melaporkan ke Dinas PUPR,” pintanya.

“Lampirkan foto kerusakan, dan setelah laporan diterima nanti tim mantri jalan akan langsung melakukan survei ke lokasi dan langsung diperbaiki,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Cilegon Tb Dendi Rudiatna mengungkapkan, program mantri jalan merupakan inovasi pertama yang diterapkannya di Kota Cilegon atas inisiatif Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

“Selama berdirinya Kota Cilegon mantri jalan ini merupakan program pertama yang diterapkan di Dinas PUPR, jadi kami hanya tinggal mengimplementasikan saja apa yang disampaikan oleh Pak Wali,” ucapnya.

Baca Juga :  Jelang Pilkada Cilegon, PAN Geber Mesin Politik Kenalkan Alawi Mahmud Sebagai Bacalon Wali Kota Cilegon

Dendi juga menjelaskan bahwa mantri jalan merupakan salah satu program yang dirancang untuk menangani berbagai jenis kerusakan jalan yang dibutuhkan masyarakat.

Dimana program tersebut mencakup beberapa kriteria, mulai dari perbaikan jalan dengan kerusakan ringan, mendesak, dan perbaikan jalan yang tidak tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Dikatakan Dendi, Sejauh ini program mantri jalan telah menerima sebanyak 138 laporan atau usulan. Dari jumlah tersebut, ada 70 laporan sudah berhasil ditangani.

“Dan untuk sisa laporannya yaitu kurang lebih 60 laporan tidak ditangani karena kerusakan jalan yang dilaporkan tersebut tertuang dalam APBD,” tutupnya. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Belasan Badut dan Manusia Silver di Kota Serang Diamankan Polisi

Daerah

Mendapat Arahan Dari Jokowi, WH Perintahkan Semua Pihak Waspada Omicron

Daerah

Wali Kota Tangsel: Klaster Kerumunan Warga Dominasi Penyebaran Covid-19 di Tangsel

Daerah

KAHMI Kota Tangerang: ‘Membangun Kota tidak Cukup Hanya Legislatif dan Eksekutif’

Daerah

Awal Tahun 2023, Perumda Air Minum di Cilegon Naikan Tarif, Segini Besarannya

Daerah

Anggota DPRD Desak PU Tangani Banjir di Cilegon, Kabid SDA Langsung Gerak

Daerah

Kafilah Provinsi Banten Bawa Pulang Piala Juara 3 Pawai Ta’aruf MTQ XXIX di Kalimantan Selatan

Daerah

Prakiraan Cuaca Menurut BMKG Selasa 07 September untuk Wilayah Cilegon dan Serang