Polisi Petakan Jalur Rawan Begal saat Mudik di Wilayah Lampung - MEGATRUST

Home / Nasional

Selasa, 26 April 2022 - 16:20 WIB

Polisi Petakan Jalur Rawan Begal saat Mudik di Wilayah Lampung

Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat berjalan melakukan pemantauan di wilayah Pelabuhan Merak, Selasa (26/4/2022). istimewa

Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat berjalan melakukan pemantauan di wilayah Pelabuhan Merak, Selasa (26/4/2022). istimewa

Megatrust.co.id, CILEGON, – Pihak Kepolisian saat ini sudah memetakan jalur rawan begal saat mudik berlangsung di wilayah Lampung. Hal itu diungkapkan oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Merak Banten, pada Selasa (26/4/2022).

Kapolri memastikan keselamatan dan keamanan para pemudik yang masuk ke wilayah Lampung. Pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk berjaga diseluruh jalur mudik yang dianggap rawan kejahatan.

Baca Juga: Kapolri Bersama Ulama Tinjau Vaksinasi Massal

“Di Lampung sudah disiapkan tim atau satgas untuk mengawal (pemudik dari) kemungkinan terjadinya aksi begal. Masyarakat diharapkan tidak usah cemas, tidak usah takut, karena polri dengan stakeholder yang ada, sudah menyiapkan (pengamanan) di jam rawan, satgas yang siap untuk mengawal. Sehingga masyarakat bisa mudik dan selamat sampai ke rumah,” kata Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kepada awak media.

Kata dia, pihaknya juga mengucapkan terima kasih ke masyarakat yang sudah mengikuti anjuran pemerintah, untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal agar menghindari penumpukkan saat jelang Idul Fitri.

“Kami berterimakasih kepada masyarakat yang telah mendengarkan imbauan mudik yang disampaikan oleh bapak Presiden dan ditindaklanjuti oleh menteri-menteri terkait untuk menghimbau agar mudik lebih awal,” ujarnya.

Baca Juga: Kapolri Listio Sigit Angkat Bicara Soal #Percumalaporpolri. ‘Harus Cek ke Bawah’

Mantan Kapolda Banten, itu menjelaskan ada prediksi 85 juta warga akan mudik. Jumlah tersebut sudah dipetakan diantaranya sekitar 52 persen akan berangkat ke wilayah timur, kemudian 20-30 persennya berangkat ke Pulau Sumatera, sisanya ke pulau Kalimantan dan lainnya.

Dia meminta seluruh petugas mudik bisa menanganinya dengan baik, agar tidak terjadi kemacetan panjang. Pihaknya memprediksi animo masyarakat untuk pulang kampung sangat tinggi, karena sejak 2020 hingga 2021, pemerintah melarang mudik.

“Artinya minat mudik kali ini berbeda setelah 2 tahun masyarakat menunggu (mudik) karena situasi covid. Dan tentunya kali ini akan terjadi lonjakan terkait arus mudik tersebut,” terangnya.

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Kapolri Kirim Surat ke Jokowi untuk 56 Pegawai KPK.

Kapolri menuturkan, kondisi saat ini pelabuhan di ujung barat Pulau Jawa itu dipadati oleh pemudik dan sesuai instruksi pemerintah, agar melakukan perjalanan pulang kampung semenjak jauh hari sebelum Idul Fitri, untuk menghindari penumpukkan.

Karena padatnya kendaraan yang akan menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, sewaktu-waktu Jalan Cikuasa Atas akan dijadikan kantung parkir dan diberlakukan buka tutup sesuai kondisi dermaga di dalam pelabuhan.

Baca Juga: Kapolri Hadiri Acara Peletakan Batu Pertama PERSIS

Jika ada kemacetan, harus segera dilakukan rekayasa lalu lintas, agar arus kendaraan dan pemudik bisa kembali lancar.

“Biasanya untuk wilayah Merak ini kegiatan mulai padat saat malam hari. Namun hari ini, sudah mulai pergeseran terkait dengan arus mudik yang ada, sempat masuk dalam situasi kuning, artinya sempat ada penyetopan sementara di jalur yang kita siapkan. Dan kemudian di seluruh dermaga sudah penuh,” jelasnya. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Nasional

Prakiraan Cuaca Dini Hari, Hujan Guyur Sebagian Wilayah Banten Dimalam Hari

Nasional

Hadiri Pertemuan G20, Presiden Jokowi Ajak Negara-negara Anggota Komitmen Jaga Kelestarian Bumi

Nasional

Pendaftaran Beasiswa LPDP Dibuka Besok, Simak Cara Daftar, Syarat dan Jadwal Lengkapnya

Daerah

Ngeri! Diguncang Gempa Bumi Megathrust M 8,7. Ini Yang Akan Terjadi di Cilegon

Nasional

Indonesia Diprediksi Akan Menghadapi Musim Panas dan Fenomena El Nino, Masyarakat Diminta Bersiap, Begini Kata BMKG

Nasional

Usut Tuntas Maling Bansos, Kejati Banten Sabet Penghargaan Dari Kemensos

Nasional

TERNYATA, Anyaman Bambu Jadi Inspirasi Logo Hari Pahlawan Nasional 2023, Begini Maknanya

Nasional

Tetapkan Idul Adha, Berikut Sederet Lokasi Rukyatul Hilal di Sejumlah Provinsi