Wali Kota Cilegon Panggil Industri Setelah ada Pekerja Hanyut Hingga Tewas, Begini Perjanjian Industri dan Pemkot - MEGATRUST

Home / Daerah

Rabu, 7 Februari 2024 - 17:29 WIB

Wali Kota Cilegon Panggil Industri Setelah ada Pekerja Hanyut Hingga Tewas, Begini Perjanjian Industri dan Pemkot

Wali Kota Cilegon saat menyampaikan permintaan untuk normalisasi kali di Kota Cilegon kepada industri (kolase Fotoramio.if) Amul/Megatrust.co.id

Wali Kota Cilegon saat menyampaikan permintaan untuk normalisasi kali di Kota Cilegon kepada industri (kolase Fotoramio.if) Amul/Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, CIELGON – Setelah bencana banjir terjadi dan menewaskan satu orang pekerja beberapa waktu lalu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian memanggil beberapa industri yang diduga menjadi penyebab banjir, pada Rabu 7 Februari 2024.

Pertemuan antara Pemkot Cilegon dengan Industri berlangsung di aula Setda Kota Cilegon. Sedikitnya ada 6 Industri yang hadir pada kesempatan tersebut.

Helldy mengatakan, dikumpulkannya sejumlah industri tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Cilegon dalam mengatasi banjir yang kerap terjadi di beberapa wilayah, terutama yang baru-baru ini terjadi di kawasan proyek pembangunan PT Lotte Chemical.

Baca Juga : TKD dari Partai Gerindra Kota Cilegon Optimis Prabowo Gibran Unggul di Kota Cilegon: Relawan Sudah Bergerak

“Alhamdulillah banyak kesepakatan. Pertama tidak ada lagi motor-motor yang masuk lewat belakang di Lotte, kemudian besok (Kamis 8 Februari 2024), langsung action dengan pengerukan kanal. Terus saya minta tidak ada lagi gorong-gorong,” kata Helldy.

Helldy bilang, salah satu penyebab terjadinya banjir di wilayah Grogol, terutama di kawasan PT Lotte Chemical Indonesia, adanya penyempitan aliran air karena kali yang ada diuruk untuk jalan. Sedangkan aliran airnya digantikan gorong-gorong sehingga terjadi penyempitan.

“Kami minta dibuatkan bendungan terlebih dahulu untuk antisipasi banjir. Jadi intinya kami ingin masalah ini segera diselesaikan. Antara lain dengan membongkar gorong-gorong yang membuat aliran air menyempit,” ungkapnya.

Baca Juga : Usai Diduga Menjadi Penyebab Banjir, KOMISI II DPRD CILEGON Minta PT Lotte Chemical Kaji Ulang Dokumen AMDAL

Lebih lanjut, setelah disepakati, kata Helldy, perjanjian pada tahun 2020 penanganan banjir di wilayah PT Lotte Chemical akan dilanjutkan yakni dengan dibangunnya pembatas atau pagar di sepanjang aliran kali agar saat terjadi luapan air, orang tahu ada batas kali dan daratan.

“Dari PT Krakatau Sarana Infrastruktur atau KSI juga mau meneruskan, KSI baru mengerjakan kurang lebih 700 meter, sedangkan dalam perjanjian itu panjangnya sekitar 1,3 kilometer dengan lebar 12 meter dan harus ada pembatas,” tuturnya.

Sementara itu, General Manager PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) Rudi Nurcahyo mengaku, pihaknya bersama industri lainnya berkomitmen untuk menindaklanjuti kesepakatan yang dibuat dengan Pemkot Cilegon.

Baca Juga : Jamin Kesejahteraan Guru, Ganjar: Naikan Gaji Guru Sesuai UMP dan UMK

“Salah satunya juga pengerukan kanal yang sudah dibagi oleh perusahaan-perusahaan sekitar dan penampungan air,” ujarnya. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Tepati Janji. Helldy Perjuangkan Nasib Honorer di Apeksi

Daerah Inovasi

Perda Kawasan Tanpa Rokok Jadi Dasar Kota Cilegon Sabet Penghargaan Pastika Parahira

Daerah

Sembilan Wilayah Terendam, Kalteng Tetapkan Status Tanggap Darurat

Daerah

Tarif PDAM Cilegon Naik 8 Persen, Apa Kata Warga?

Daerah Inovasi

Helldy Minta Alumni MAN 1 Kota Cilegon Ambil Kesempatan Beasiswa

Daerah

Pemkot Tangerang Klaim Harga Cabai Sudah Turun. Ini Rincian Harganya

Daerah

Kabar Baik Buat Warga, Disnaker Kota Cilegon Buka Pelatihan Operator Excavator dan Forklift

Daerah

Viral! Video Siswa SMP di Cilegon Jadi Korban Perundungan