Turunkan Warisan Produk Bambu, Pelaku UMKM Kudu Sanggup Bersaing Ditingkat Global - MEGATRUST

Home / Bisnis

Minggu, 2 Januari 2022 - 18:47 WIB

Turunkan Warisan Produk Bambu, Pelaku UMKM Kudu Sanggup Bersaing Ditingkat Global

FOTO : Salah satu anyaman bambu hasil karya Agus dijadikan Helm. dok Agus for Megatrust.co.id

FOTO : Salah satu anyaman bambu hasil karya Agus dijadikan Helm. dok Agus for Megatrust.co.id

Megatrust.co.id, TANGERANG, – Turunkan warisan produk bambu, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang membuat anyaman bambu kudu sanggup bersaing ditingkat global.

Pasalnya, pandemi Covid-19 terus melanda sub sektor ekonomi kreatif. Hal itu membuat pelaku UMKM kudu lebih kreatif dan bisa membaca peluang pasar nasional bahkan global.

Diketahui, warisan produk dari bambu berupa anyaman berbagai jenis barang untuk kebutuhan sudah dijalankan oleh Agus selama ini. Hal itu ia geluti karena melihat potensi sumber daya alam di sekitar rumah penduduk di wilayah Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, terdapat banyak pohon bambu.

Tidak hanya itu, sumber daya manusia untuk mengolah bambu menjadi produk siap pakai pun sudah dimiliki warga Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang.

“Pemanfaatan pohon bambu sejak jaman kolonial adalah Bambu runcing hingga anyaman bambu (Topi Bambu) menjadi icon pemda Kabupaten Tangerang,” kata Agus yang meupakan produsen sekaligus inportir Topi Bambu asal Kabupaten Tangerang.

“Luas wilayah Tangerang Ada 29 Kecamatan dan 246 Desa dan kelurahan dengan Luas mencapai 95.961 Ha dekat dengan DKI sebagai Kota penyanggah Ibu Kota, sesuai harapan agar pelaku usaha UMKM dapat mengembangkan konsep atau membuat inovasi produk yang kekinian,” tambahnya.

Sementara, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Sapri, mendukung penuh adanya kreatifitas warga di wilayah Kabupaten Tangerang yang membuat produk dari bambu.

FOTO : Anggota DPRD dapil 3 Kabupaten Tangerang melouncing Rumah Kreatifitas Perajin di Saung Topi Bambu ICHE. Jumat (31/12/2021). Dok Agus for Megatrust.co.id

Kendati begitu dirinya meminta kepada para pelaku pengrajin anyaman bambu untuk dapat mengasah inovasi, kreatifitas, dan mampu membaca peluang pasar baik nasional maupun global.

“Inovasi dan kreatifitas produk perlu di bangkitkan setelah pandemi melanda di semua sub sektor Ekonomi kreatif,” kata Sapri di acara Louncing Rumah Kreatifitas Perajin di Saung Topi Bambu ICHE (31/12/2021).

“Tantangannya ke depan bukan hanya sekedar para pelaku UMKM bisa bertransformasi ke online tapi bagaimana memasarkannya, bagaimana menjual barang-barang tersebut, atau belajar dari kebutuhan pasar,” tambah Sapri.

Anggota DPRD Kabupaten Tangerang dapil 3 itu menjelaskan, rumah kreatif perajin dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya sekaligus bagi yang ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan hingga hardskill.

“Bagi para pemuda atau masyarakat yang belajar teknik digital sudah siap dilatih oleh instruktur di Rumah Kreatifitas Perajin,” ujarnya.

“Perjalanan dari tahun ke tahun selalu mengalami Perubahan untuk inovasi produk yang telah di buat dapat bersaing dengan pelaku usaha di Dunia pasar global atau melalui marketplace saat ini kesiapan SDM wajib memiliki Bisnis plan Dan strategi marketing,” tambahnya dia. (Amul/red)

Share :

Baca Juga

Bisnis

NEKAT Jual Sapi, Ibu Rumah Tangga di Kota Cilegon Raup Omset Puluhan Juta setiap Bulannya, Begini Peran Dinkop

Bisnis

Lakukan Penyerbukan Kawin Silang Adenium, Strategi Raup Omset Besar

Bisnis

1.500 Paket Sembako Dibagikan PT Krakatau Posco untuk Masyarakat Cilegon
Ilustrasi situs ddan keuangan ilegal. Gambar pixaby @N-region

Bisnis

Merugikan Masyarakat, Situs dan Aplikasi Keuangan Ilegal Diblokir Kemenkominfo

Bisnis

Tarif PPN Akan Naik. Berikut Daftar Barang yang Tidak Kena Kenaikan

Bisnis

Daftar Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni Terbaru

Bisnis

KEREN NIH! Produk UMKM Kota Cilegon Akan Mejeng di Cilegon Center Mall

Bisnis

Berbekal Kemampuan dalam Ketenagalistrikan, PT KDL Teken MoU dengan PT Krakatau Steel untuk Kembangkan Bisnis