26.3 C
Cilegon
Selasa, November 29, 2022
spot_img

Buruh Cilegon Geruduk Kantor Wali Kota, Minta Rekomendasi UMK Naik 13 Persen

Megatrust.co.id, CILEGON, – Ratusan buruh Kota Cilegon kembali menggeruduk Kantor Wali Kota di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Cilegon pada Senin siang, 21 November 2022.

Kedatangan ratusan buruh Cilegon menuntut, rekomendasi dari Wali Kota Cilegon Helldy Agustian terkait kenaikan Upah Minumum Kota atau UMK tahun 2023 sebesar 13 persen.

Ketua Umum Forum Serikat Pekerja/Serikat Buruh atau FSP/SB Kota Cilegon Rudi Sahrudin mengatakan, tuntutan UMK tahun 2023 sebesar 13 persen itu dilayangkan mengacu pada PP Kebutuhan Hidup Layak bagi pekerja.

Baca Juga: Dampak Kenaikan BBM, Buruh Cilegon Minta Kenaikan UMK 40 Persen

“Tuntutan buruh Kota Cilegon tetap di angka 13 persen UMK tahun 2023 karena ini dasarnya sudah jelas apalagi sudah tiga tahun upah buruh tidak ada kenaikan,” katanya.

Menurutnya, upah buruh Kota Cilegon masih sangat jauh jika dinilai pertumbuhan ekonomi seperti peningkatan biaya hidup, kenaikan harga bahan pokok, BBM hingga inflasi.

“Tuntutan sebesar 13 persen sebetulnya tidak ada apa-apanya, apalagi dengan adanya penyesuaian kenaikan harga pokok, kenaikan BBM yang luar biasa sementara gaji belum naik tapi harga kebutuhan sudah naik lebih dulu,” ujarnya.

Baca Juga: Pecah! 7 Remaja yang Terlibat Tawuran ‘Mewek’ Usai Diserahkan ke Orangtua Masing-Masing

Selain itu, kata Rudi adanya narasi isu resesi global sebagai upaya pengalihan untuk menggagalkan kenaikan UMK hanya omong kosong.

“Itu sebetulnya bohong artinya hanya untuk menggembosi saja menggagalkan kenaikan UMK sebesar 13 persen di 2023 secara nasional,” ucapnya.

Rudi menyampaikan, ada harapan besar kepada Wali Kota Cilegon Helldy Agustian untuk mengakomodir permintaan dari para buruh Kota Cilegon yaitu kenaikan UMK tahun 2023 sebesar 13 persen.

Baca Juga: Ribuan Buruh Kabupaten Serang Demo di Depan Gedung DPRD, Ini Tuntutannya

“Hari ini Bapak Wali Kota Cilegon (Helldy Agustian) belum bisa menemui para Buruh karena sedang di Bandung, kami berharap Pak Wali Kota bisa mengikuti permintaan dari para buruh dengan kondisi saat ini,” pungkasnya. (Nad/Amul)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

147,332FansSuka
456,433PengikutMengikuti
14,132PengikutMengikuti
PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: