Licin Karena Ceceran Pasir, JLS Jadi Petaka Bagi Pengendara Roda Dua - MEGATRUST

Home / Daerah / Peristiwa

Senin, 31 Januari 2022 - 23:50 WIB

Licin Karena Ceceran Pasir, JLS Jadi Petaka Bagi Pengendara Roda Dua

FOTO : Tangkapan layar dari video yang diunggah BCO, salah seorang pengendara terjatuh di Jalan Lingkar Selatan Kota Cilegon

FOTO : Tangkapan layar dari video yang diunggah BCO, salah seorang pengendara terjatuh di Jalan Lingkar Selatan Kota Cilegon

Megatrust.co.id, CILEGON, – Jalan Lingkar Selatan atau JLS Kota Cilegon jadi petaka bagi pengendara roda dua. Bagaimana tidak, jalan yang gelap dan licin akibat ceceran pasir basah membuat beberapa sepeda motor berjatuhan.

Melihat dari akun media sosial milik BCO, pada Senin (31/1/2022). Video yang berdurasi 39 detik itu memperlihatkan salah seorang perempuan setelah terjatuh, persis di depan Komplek Rakata Asri Kota Cilegon.

Baca Juga: Bak Kubangan, JLS Hancur Diduga Jadi Pemicu Kecelakaan

Pengambil video meminta kepada dinas terkait untuk melakukan pembersihan di JLS yang licin dengan cepat.

“Kepada Dinas terkait, tolong ini JLS dibersihkan karena sudah bukan satu yang jatuh, sudah lima yang jatuh,” katanya sembari mengarahkan kamera kepada salah seorang pengendara perempuan yang juga terjatuh.

Dirinya juga menanyakan kepada perempuan tersebut, agar pemerintah Kota Cilegon dapat membersihkan ceceran pasir tersebut.

Baca Juga :  Barongsai dan Liong Tidak Meriahkan Tahun Baru Imlek di Vihara Banten

Baca Juga: Ada Perbaikan Jalan Di PCI, JLS arah Ciwandan-Cilegon Lumpuh

“Agar jalan ini bisa dibersihkan supaya tidak licin,” pinta salah seorang perempuan sembari membersihkan lengannya yang kena kotoran usai terjatuh.

Tidak berselang lama, dan hanya beberapa detik saja, video tersebut merekam salah seorang pengendara juga terjatuh akibat jalan yang licin dan gelap.

“Tolong, tolong, pihak dari LH segera membersihkan jalan tersebut. Nah kan jatuh lagi tuh semuanya, tolong cepat bersihkan,” pungkasnya.

Baca Juga: Jalan Licin dan Berpasir, Dishub dan Damkar Bersihkan Jalan Lingkar Selatan Kota Cilegon

Atas kejadian ini, Tim Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Cilegon melakukan pembersihan dibeberapa titik di JLS yang terlihat licin karena ceceran pasir tersebut.

Sekretaris Disdamkar Kota Cilegon Lela Suleha mengatakan, pihaknya menerima informasi adanya korban jiwa atas ceceran pasir dari Walpri Wakil Walikota Cilegon. Atas laporan tersebut, pihaknya langsung terjun ke lokasi untuk langsung melakukan pembersihan ceceran pasir.

Baca Juga :  Sopir Diduga Ngantuk saat Berkendara, Brio Nyeberang ke Arah Merak di Tol Tamer. Ini Kronologisnya.

“Karena tupoksi kami penanggulangan untuk pelaksanaan pelayanan non kebakaran, akhirnya melakukan pembersihan di jalan tersebut. Dari jam 21.30 WIB hingga 02.30 WIB dini hari kami bersihkan ceceran pasir dengan menggunakan alat seadanya. Ketebalan ceceran pasir ada mungkin 5-10 centimeter berhasil kami kikis/bersihkan,” kata Lela.

Lebih lanjut, untuk mengkikis dan membersihkan ceceran pasir, pihaknya menghabiskan 16000 liter air. Dengan unit kendaraan untuk daya tampung 5.000 liter air serta 8 persenil ada ke Cilegon.

Baca Juga: Dinkes Sebut Covid-19 Varian Omicron Diduga Sudah Masuk Kota Cilegon

“Dua unit pemadam dan 1 suplay air yang kita butuhkan dalam mengkikis ceceran pair. Tapi kami menyayangkan pada saat membersihkan ceceran tanah, tidak ada Dinas Perhubungan (Dishub) maupun Dinas Lingkungan Hidup ikut membersihkan jalan ini. Semestinya, Dishub yang bertugas melakukan pengaturan lalu lintas justru tidak datang. Kalau tidak ada pengamanan lalu lintas. Kalau ada kecelakaan kita juga yang kena,” lanjutnya.

Baca Juga :  Puluhan Pendorong Gerobak Malioboro Minta Gubernur Tunda Relokasi

Lela berharap, agar kedua dinas tersebut bisa membantu Disdamkar dalam hal penyelematan.

Baca Juga: Ormas Kecewa, Pemkab Serang Undur Pembongkaran THM. Ratusan Masa Tutup JLS Kota Cilegon

“Kita sih berharap kedua dinas ini ikutlah membantu kami. Kami ini tugasnya hampir 24 jam. Jadi perlu sama-sama koordinasilh antar dinas,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Ops Pemadaman dan Kesiapsiagaan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Cilegon, Nanung Eko Siswanto berdasarkan data yang dimiliki Disdamkar Kota Cilegon, ada 3 titik jalan yang perlu diwaspadai akibat ceceran pasir. Yaitu, Kampung Denok, Kilometer 1 Jalan Lingkar Selatan (JLS) dan Lingkungan Curug, Kelurahan Bagendung.

“Beberapa titik ini yang memang perlu diantisipasi. Apalagi, untuk motor kasihan bisa kebalik kalau melintas jalan di sana. Apalagi kalau kondisi malam da hujan,” pungkasnya. (Amul/Red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Catat! Jadwal Pendaftaran SMK di Banten, Siapkan Berkasnya

Daerah

PT KTI Gelontorkan Bantuan Instalasi Air Bersih ke Masyarakat Pasauran dan Umbul Tanjung

Peristiwa

Wisatawan Menyerbu Kawasan Pantai Anyer, Jalur Cinangka-Anyer Padat Polisi Berlakukan Sistem Satu Arah

Peristiwa

Pengunjung Tempat Wisata Waruwangi di Serang yang Sewa Tenda Dikabarkan Tersambar Petir

Daerah

Diundang Mahasiswa Politeknik PGRI Banten, Ini yang Dikatakan Sanuji Pentamarta

Peristiwa

Jalur Kereta Api Haurpugur-Cicalengka Ditutup Total Imbas Insiden Adu Banteng Antar Kereta

Daerah

Komisi IV DPRD Kota Cilegon Sidak TPSA Bagendung, Ini yang Ditemukan

Peristiwa

Dilantik di Tengah Pandemi, BEM STAK-Cilegon Diminta Bekerja Nyata