Sembilan Wilayah Terendam, Kalteng Tetapkan Status Tanggap Darurat - MEGATRUST

Home / Daerah

Rabu, 19 Oktober 2022 - 19:05 WIB

Sembilan Wilayah Terendam, Kalteng Tetapkan Status Tanggap Darurat

TNI SEBRANGI PELAJAR. Anggota TNI menggendong pelajar ketika jam pulang sekolah di SDN 1 Petuk Ketimpun, Palangka Raya, Rabu (19/10).  Banjir yang menggenangi halaman sekolah dan jembatan yang dalam tahap perbaikan, membuat para anggota TNI AD dari Kodim 1016 Palangka Raya berinsiatif untuk membantu menyebrangi para pelajar yang akan pulang ke rumahnya masing-masing. Megatrust/Day

TNI SEBRANGI PELAJAR. Anggota TNI menggendong pelajar ketika jam pulang sekolah di SDN 1 Petuk Ketimpun, Palangka Raya, Rabu (19/10). Banjir yang menggenangi halaman sekolah dan jembatan yang dalam tahap perbaikan, membuat para anggota TNI AD dari Kodim 1016 Palangka Raya berinsiatif untuk membantu menyebrangi para pelajar yang akan pulang ke rumahnya masing-masing. Megatrust/Day

Megatrust.co.id, KALTENG, – Sembilan wilayah yang berada di provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terendam banjir. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya intensitas hujan dalam pekan ini, Rabu 19 Oktober 2022.

Sembilan wilayah tersebut meliputi Kabupaten Katingan, Kotawaringin Timur, Pulang Pisau, Lamandau, Seruyan, Sukamara, Kotawaringin Barat, Barito Utara dan Kota Palangka Raya.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Kalteng per tanggal 17 Oktober 2022, ada sekitar 16.424 kartu keluarga dan 47.136 jiwa yang terampak di sembilan wilayah tersebut.

Merespon hal itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meminta jajarannya untuk menetapkanĀ status tanggap darurat bencana selama 21 hari kedepan sejak banjir pada 17 Oktober 2022.

Baca Juga :  Kejari Serang Tinggal Menunggu Penyerahan Nikita Mirzani

“Banjir melanda di saat pandemi covid 19 belum berakhir, inflasi menghantam sendi kehidupan dibarengi kenaikan harga BBM, semuanya harus kita hadapi dan ditangani secara bersamaan,” ungkap Sugianto Sabran di Palangka Raya.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika banjir juga merusak sektor pertanian, akibatnya para petani tidak bisa bercocok tanam dan gagal panen, karena lahannya terendam air.

Baca Juga :  Keseruan Lomba Balap Perahu Di Petuk Ketimpun

“Umumnya masyarakat yang ada di pedesaan dan masyarakat sekitar hutan adalah bertani, tapi dengan adanya banjir yang terjadi hingga tiga kali dalam setahun, apa yang mereka harapkan dari sektor pertanian,” tambahnya.

Baginya, permasalah banjir harus dimulai dari membenahi akar permasalahan. Hal itu merupakan pekerjaan besar yang melibatkan semua pihak.

“Seluruh stakeholders yang ada termasuk di dalamnya sektor pengusaha perkebunan, kehutanan dan pertambangan yang beririsan langsung dengan lingkungan hidup,” ungkapnya.

Bahkan, Sabran juga mengeluarkan instruksi kepada jajarannya baik bupati dan wali kota, untuk mengambil tidak cuti atau meninggalkan tempat ke luar kota dalam situasi tanggap darutat.

Baca Juga :  Walikota Cilegon Helldy Agustian Terima Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI, Kategori Capaian WTP 9 Kali Berturut-turut

Untuk membantu masyarakat yang terkena banjir, pihak provinsi juga telah berkoordinasi dengan TNI dan kepolisian, serta instansi lainnya terkait penyaluran bantuan.

“Pemprov Kalteng telah membeli beras dari Bulog sebanyak 2.000 ton untuk penanganan bencana di Kalteng. Bantuan ini harus sampai kepada masyarakat di titik tersulitpun, bila perlu menggunakan helikopter,” Sabran mengakhiri. (Day/Amul)

Share :

Baca Juga

Daerah

Ada Taman Aspirasi di Kantor DPRD Cilegon, Masyarakat Bisa Berkunjung

Daerah

Kecamatan Cibeber Penyumbang Stunting Tertinggi

Daerah

Pemkot Cilegon Siapkan Dana Cadangan untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Begini Kata Hasbi Sidik

Daerah

Viral! Pengadaan Baju Dinas DPRD Kota Tangerang. Brand Asal Prancis Jadi Sorotan

Daerah

Lagi, Kota Cilegon Kepilih Jadi Tuan Rumah, Kali ini untuk Perkumpulan Urang Banten

Daerah

Enam WNA Penghuni Lapas Klas IIA Cilegon di Vaksin. Kalapas: ‘WNA juga Tanggung Jawab Kita’

Daerah

Sebagian Warga Cilegon Gelar Salat Idul Adha. Jamaah di Masjid Al-Ikhlas Ramai

Daerah

JPC Gelar Pelatihan Jurnalistik, Ketua DPRD Cilegon Isro Mi’raj : Orang Besar Berasal dari Jurnalistik